Blogger Widgets

Sabtu, 13 April 2013

Arc de Triomphe ala Indonesia


Jauh rasanya untuk melihat kecantikan Arc de Triomphe di Paris, Prancis. Untuk mengobati keinginan ini, Anda bisa melihat bahkan menikmati akhir pekan di 'Arc de Triomphe' ala Kediri, Jawa Timur loh..

Tidak hanya punya Gumuk Pasir yang seperti Gurun Sahara di Afrika, Indonesia juga punya salah satu monumen terkenal di Paris, yaitu Arc de Triomphe. Arc de Triomphe ala Indonesia ini bernama Monumen Simpang Lima Gumul.

Monumen setinggi 28 meter ini berdiri tepat di tengah di tengah–tengah persimpangan Lima Gumul, Kediri, Jatim. Adanya monumen ini dijadikan sebagai titik pengembangan kawasan Simpang Lima Gumul. Oleh karena memiliki spirit kejayaan Kediri, monumen ini diletakkan di tengah jalur lima jalan arah Pare, Kediri, Plosoklaten, dan Menang.


Desain dan arsitektur Monumen Simpang Lima Gumul hampir menyerupai Arc de Triomphe. Namun, ornamennya menonjolkan seni budaya Kabupaten Kediri. Di beberapa sisi monumen ini terpahat relief–relief tentang sejarah Kediri hingga kesenian dan kebudayaan yang ada sekarang, seperti dijelaskan dalam situs Pemerintah Kabupaten Kediri yang detikTravel intip, Kamis (6/9/2012).

Monumen yang semakin cantik saat malam hari ini, memiliki luas 804 meter persegi dan tinggi 25 meter. Nah, luas dan tinggi yang disesuaikan dengan tanggal, bulan, dan tahun hari jadi Kabupaten Kediri, yaitu 25 Maret 804 Masehi.

Malam, bisa jadi waktu paling romantis yang Anda pilih untuk menikmati Monumen Simpang Lima Gumul. Cahaya lampu yang keemasan membuat monumen ini terlihat mewah. Di tambah kelap-kelip lampu jalanan Kota Kediri menambah semarak suasana. Pemandangan cantik seperti ini, sangat pas bila Anda nikmati bersama orang yang Anda cintai.

Beragam panorama indah dan memesona di Kediri bisa wisatawan temukan dari atas monumen 8 lantai ini. Tidak heran bila destinasi ini selalu ramai pengunjung. Terlebih lagi ketika hari libur tiba, wisatawan yang datang pun semakin padat.

Tidak cuma sekadar melihat keindahan panoramanya, lokasi ini juga diproyeksikan menjadi kota baru dan pusat perdagangan Jawa Timur bagian barat. Maka dari itu, destinasi Monumen Simpang Lima Gumul sudah dilengkapi dengan convention hall dan gedung serbaguna, Bank daerah, terminal bus antar kota dan MPU, dan Water Park Gumul Paradise Island.

Puas berkeliling Monumen Simpang Lima Gumul dan melihat lanskap panorama Kediri dari atas monumen, pelancong bisa berburu suvenir dan berburu kuliner di area Pasar Tugu. Pada hari sabtu dan Minggu pagi, kawasan ini ramai oleh pengunjung yang berolaraga, rekreasi bersama keluarga, dan Anda bisa menikmati ramainya pasar sabtu Minggu (Tugu).

Pergi ke Kediri, jangan lupa singgah dan menikmati suasana Paris di Monumen Simpang Lima Gumul. Pagi, siang atau malam bebas Anda pilih dan jangan lupa berpose di depan 'Arc de Triomphe' ala Kediri!

Sumber : http://travel.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar